Pengantar Bisnis: Go-jek

GO-JEK


          Gojek merupakan salah satu perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan umum melalui jasa ojek online. Di Ibukota Jakarta saat ini sedang ramai dengan pengendara motor yang menggunakan jaket dan helm berwarna hijau. Mungkin hampir setiap jalan pasti ada satu atau dua orang yang menggunakan jaket dan helm hijau tersebut. Pengendara motor yang menggunakan jaket dan helm hijau tersebut adalah para driver gojek.

          Gojek memang sedang heboh di perbincangkan melalui dunia media sosial. Gojek di dirikan pada tahun 2011. Awalnya gojek melayani lewat panggilan telepon saja. Seperti panggilan pada taksi. Tetapi semakin kesini gojek semakin berkembang dan pada awal tahun 2015 kemarin, meluncurkan aplikasi android gojek. Ini lebih memudahkan para pengguna melihat sekarang smartphone seperti menjadi gaya hidup bagi orang perkotaan. Inovasi ini memberikan keuntungan lebih banyak lagi pada pendiri gojek dan para driver gojek. Mungkin anda penasaran dengan orang yang telah berinisitaf mendirikan gojek ini dan membuat perubahan di ibu kota jakarta. Mari kita bahas lebih lanjut lagi di bawah ini.

       Pendiri gojek bernama Michaelanglo maron dan Nadiem makarin. Mereka mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama PT Go-jek Indonesia. Perusahaan ini bertujuan untuk menghubungkan ojek dengan penumpang ojek. Mereka melihat para ojek pangkalan hanya menghabiskan waktu seharian dan belum tentu mendapatkan pelanggan. Jadi mereka membuat perusahaan ini, untuk membantu para tukang ojek mendapatkan penumpangnya dengan lebih cepat dan efisien. Sampai sekarang tujuan mereka memang terbukti ampuh. Tukang ojek harus lebih produktif supaya bisa mendapat penghasilan yang lebih banyak.

       Pendiri gojek berinisiatif membuat sesuatu yang berbeda. Gojek ini menggunakan sebuah system yang lebih tertata rapi. Awalnya gojek hanya melayani lewat call center saja, tetapi lambat laun gojek mulai berkembang dan membuat aplikasi gojek. Dengan aplikasi ini, anda bisa memesan secara online, membayar secara kredit dan mengetahui keberadaan driver yang akan menjemput anda. inilah salah satu kelebihan dari gojek dibandingkan dengan ojek pangkalan lainnya.

     Pada awal pendaftaran menjadi driver gojek, akan terdapat berbagai pelatihan. Bagaimana melayani pelanggan yang baik, tidak boleh ugal-ugalan di jalan, mematuhi lalu lintas dan menggunakan pakaian yang safety. Pendiri gojek ini memang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan. Ketika menggunakan gojek anda akan diberikan jaket, helm, penutup kepala dan juga masker. Jadi memang benar-benar mematuhi lalu lintas yang ada. Selain itu para driver gojek juga diajari bagaimana menggunakan aplikasi gojek, m-bangking dan masih banyak lainnya.

       Untuk keuntungan, terdapat pembagian 20/80. 20% untuk kantor dan 80% untuk driver. Terkadang para driver gojek bisa mendapatkan 10 sampai 20 pelanggan setiap harinya. Apalagi gojek tak hanya melayani antar jemput orang saja. Tetapi juga bisa mengirim paket, memesan makanan dan masih banyak lainnya. Kelebihan dari gojek ini memang lebih banyak. Dari pendiri gojek ini, lahirlah sebuah system baru yang membantu kemacetan di Jakarta.


FITUR LAYANAN GOJEK

1.    Pengiriman Barang (GO-SEND)
2.    Transportasi Motor (GO-RIDE)
3.    Pesan makanan (GO-FOOD)
4.    Berbelanja (GO-MART)
5.    Antar barang banyak/besar (GO-BOX)
6.    Bersih-bersih (GO-CLEAN)
7.    Kecantikan (GO-GLAM)
8.    Pijat/refleksi (GO-MASSAGE)
9.    Jadwal Transjakarta, dan pengantaran dari/ke halte terdekat (GO-BUSWAY)
10. Pesan tiket (GO-TIX)
11. Transportasi Mobil (GO-CAR)
12. Montir (GO-AUTO)
13. Obat Kesehatan (GO-MED)
14. Pulsa (GO-PULSA)
15. Belanja Barang (GO-SHOP)
16. Taxi BlueBird (GO-BLUEBIRD)

       Kini GO-JEK telah beroperasi di 50 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Solo, Manado, Samarinda, Batam, Sidoarjo, Gresik, Pekanbaru, Jambi, Sukabumi, Bandar Lampung, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kediri, Probolinggo, Pekalongan, Karawang, Madiun, Purwokerto, Cirebon, Serang, Jember, Magelang, Tasikmalaya, Belitung, Banyuwangi, Salatiga, Garut, Bukittinggi, Pasuruan, Tegal,Sumedang, Banda Aceh, Mojokerto, Cilacap, Purwakarta, Pematang Siantar, dan Madura serta pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.

Menurut Peneliti Utama Puskakom UI Alfindra Primaldhi, driver Go-Jek penuh waktu penghasilannya bisa di atas rata-rata UMP nasional yang sebesar Rp 1.997.819. "77% mitra pengemudi penghasilannya di atas Rp 2 juta," ucapnya. Selain mendapatkan penghasilan di atas UMP Nasional, bergabung di Go-Jek bagi driver juga mendorong mereka untuk dapat memanfaatkan layanan perbankan hingga bisa memiliki asuransi. Untuk sisi manfaat, 48% bilang bisa mengatur waktu kerja, 30% punya lebih banyak waktu bersama keluarga, 28% bisa menabung, 19% bisa pakai HP dan aplikasi.

Puskakom UI ini berbasis aplikasi menggunakan metode sampling pencuplikan acak murni (pure random sampling) atas mitra GO-RIDE (3.213 responden), GO-CAR (2.801 responden), dan pelanggan (4.048 responden) yang aktif dalam tiga bulan terakhir. Sampel mewakili populasi pengemudi dan pelanggan di 15 lokasi, dengan 50% berasal dari wilayah Jabodetabek sebagai wilayah dengan jumlah pengemudi/pelanggan terbanyak. Penelitian ini dilakukan Puskakom UI bersama Go-Jek.

Pada tahun 2017, Puskakom UI menjalankan riset mengenai manfaat sosial aplikasi on demand terhadap mitra dan pengguna di tengah pergeseran budaya. Riset ini dilaksanakan dengan melibatkan mitra dan pengguna aplikasi on demand perusahaan komersialisasi digital terbesar di Indonesia, Go-Jek

SISTEM KERJA GOJEK


1.    penjemputan dan alamat tujuan. Informasi tarif otomatis keluar setelah kedua alamat tersebut diisi sehingga konsumen tahu berapa tarifnya.
2.    selanjutnya aplikasi gojek akan memproses pesanan tersebut dengan menggunakan alogaritma tentu untuk pencarian driver gojek yang akan mengantarkan calon penumpang tersebut.
3.    driver gojek yang berhasil memenangkan bidding (menang nge-bid), maka ia berhak mengantar penumpang
4.    driver gojek akan menjemput penumpang sesuai alamat penjemputan dan mengantarkan sampai tujuan
5.    setelah sampai tujuan maka penumpang akan membayar ke driver gojek yaitu dengan cara cash atau kredit gojek

6.    konsumen melakukan pemesanan ojek melalui aplikasi dengan memasukan alamat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Bisnis : Sistem produksi PT Indofood Sukses Makmur (Mie instan)

Pengantar Bisnis: ABOUT FINTECH / TEKFIN

Pengantar Bisnis: PT. Indofood