Pengantar Bisnis: Go-jek
GO-JEK
Gojek merupakan salah satu perusahaan
teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan umum melalui jasa ojek online.
Di Ibukota Jakarta saat ini sedang ramai dengan pengendara motor yang
menggunakan jaket dan helm berwarna hijau. Mungkin hampir setiap jalan pasti
ada satu atau dua orang yang menggunakan jaket dan helm hijau tersebut.
Pengendara motor yang menggunakan jaket dan helm hijau tersebut adalah para
driver gojek.
Gojek memang sedang heboh di
perbincangkan melalui dunia media sosial. Gojek di dirikan pada tahun 2011.
Awalnya gojek melayani lewat panggilan telepon saja. Seperti panggilan pada
taksi. Tetapi semakin kesini gojek semakin berkembang dan pada awal tahun 2015
kemarin, meluncurkan aplikasi android gojek. Ini lebih memudahkan para pengguna
melihat sekarang smartphone seperti menjadi gaya hidup bagi orang perkotaan.
Inovasi ini memberikan keuntungan lebih banyak lagi pada pendiri gojek dan para
driver gojek. Mungkin anda penasaran dengan orang yang telah berinisitaf
mendirikan gojek ini dan membuat perubahan di ibu kota jakarta. Mari kita bahas
lebih lanjut lagi di bawah ini.
Pendiri gojek bernama Michaelanglo maron
dan Nadiem makarin. Mereka mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama PT
Go-jek Indonesia. Perusahaan ini bertujuan untuk menghubungkan ojek dengan
penumpang ojek. Mereka melihat para ojek pangkalan hanya menghabiskan waktu
seharian dan belum tentu mendapatkan pelanggan. Jadi mereka membuat perusahaan
ini, untuk membantu para tukang ojek mendapatkan penumpangnya dengan lebih
cepat dan efisien. Sampai sekarang tujuan mereka memang terbukti ampuh. Tukang
ojek harus lebih produktif supaya bisa mendapat penghasilan yang lebih banyak.
Pendiri gojek berinisiatif membuat
sesuatu yang berbeda. Gojek ini menggunakan sebuah system yang lebih tertata
rapi. Awalnya gojek hanya melayani lewat call center saja, tetapi lambat laun
gojek mulai berkembang dan membuat aplikasi gojek. Dengan aplikasi ini, anda
bisa memesan secara online, membayar secara kredit dan mengetahui keberadaan
driver yang akan menjemput anda. inilah salah satu kelebihan dari gojek
dibandingkan dengan ojek pangkalan lainnya.
Pada
awal pendaftaran menjadi driver gojek, akan terdapat berbagai pelatihan.
Bagaimana melayani pelanggan yang baik, tidak boleh ugal-ugalan di jalan,
mematuhi lalu lintas dan menggunakan pakaian yang safety. Pendiri gojek ini
memang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan. Ketika menggunakan gojek anda
akan diberikan jaket, helm, penutup kepala dan juga masker. Jadi memang
benar-benar mematuhi lalu lintas yang ada. Selain itu para driver gojek juga
diajari bagaimana menggunakan aplikasi gojek, m-bangking dan masih banyak
lainnya.
Untuk keuntungan, terdapat pembagian
20/80. 20% untuk kantor dan 80% untuk driver. Terkadang para driver gojek bisa
mendapatkan 10 sampai 20 pelanggan setiap harinya. Apalagi gojek tak hanya
melayani antar jemput orang saja. Tetapi juga bisa mengirim paket, memesan
makanan dan masih banyak lainnya. Kelebihan dari gojek ini memang lebih banyak.
Dari pendiri gojek ini, lahirlah sebuah system baru yang membantu kemacetan di
Jakarta.
FITUR LAYANAN GOJEK
1.
Pengiriman
Barang (GO-SEND)
2.
Transportasi
Motor (GO-RIDE)
3.
Pesan
makanan (GO-FOOD)
4.
Berbelanja
(GO-MART)
5.
Antar
barang banyak/besar (GO-BOX)
6.
Bersih-bersih
(GO-CLEAN)
7.
Kecantikan
(GO-GLAM)
8.
Pijat/refleksi
(GO-MASSAGE)
9.
Jadwal
Transjakarta, dan pengantaran dari/ke halte terdekat (GO-BUSWAY)
10.
Pesan
tiket (GO-TIX)
11.
Transportasi
Mobil (GO-CAR)
12.
Montir
(GO-AUTO)
13.
Obat
Kesehatan (GO-MED)
14.
Pulsa
(GO-PULSA)
15.
Belanja
Barang (GO-SHOP)
16.
Taxi
BlueBird (GO-BLUEBIRD)
Kini GO-JEK telah beroperasi di 50 kota di
Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Medan,
Palembang, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Solo, Manado, Samarinda,
Batam, Sidoarjo, Gresik, Pekanbaru, Jambi, Sukabumi, Bandar Lampung, Padang,
Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kediri, Probolinggo, Pekalongan, Karawang,
Madiun, Purwokerto, Cirebon, Serang, Jember, Magelang, Tasikmalaya, Belitung,
Banyuwangi, Salatiga, Garut, Bukittinggi, Pasuruan, Tegal,Sumedang, Banda Aceh,
Mojokerto, Cilacap, Purwakarta, Pematang Siantar, dan Madura serta pengembangan
di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.
Menurut Peneliti Utama Puskakom UI Alfindra
Primaldhi, driver Go-Jek penuh waktu penghasilannya bisa di atas rata-rata UMP
nasional yang sebesar Rp 1.997.819. "77% mitra pengemudi penghasilannya di
atas Rp 2 juta," ucapnya. Selain mendapatkan penghasilan di atas UMP
Nasional, bergabung di Go-Jek bagi driver juga mendorong mereka untuk dapat
memanfaatkan layanan perbankan hingga bisa memiliki asuransi. Untuk sisi
manfaat, 48% bilang bisa mengatur waktu kerja, 30% punya lebih banyak waktu
bersama keluarga, 28% bisa menabung, 19% bisa pakai HP dan aplikasi.
Puskakom UI ini berbasis aplikasi menggunakan
metode sampling pencuplikan acak murni (pure random sampling) atas mitra
GO-RIDE (3.213 responden), GO-CAR (2.801 responden), dan pelanggan (4.048
responden) yang aktif dalam tiga bulan terakhir. Sampel mewakili populasi
pengemudi dan pelanggan di 15 lokasi, dengan 50% berasal dari wilayah
Jabodetabek sebagai wilayah dengan jumlah pengemudi/pelanggan terbanyak.
Penelitian ini dilakukan Puskakom UI bersama Go-Jek.
Pada tahun 2017, Puskakom UI menjalankan
riset mengenai manfaat sosial aplikasi on demand terhadap mitra dan pengguna di
tengah pergeseran budaya. Riset ini dilaksanakan dengan melibatkan mitra dan pengguna
aplikasi on demand perusahaan komersialisasi digital terbesar di Indonesia,
Go-Jek
SISTEM KERJA GOJEK
1.
penjemputan
dan alamat tujuan. Informasi tarif otomatis keluar setelah kedua alamat
tersebut diisi sehingga konsumen tahu berapa tarifnya.
2.
selanjutnya
aplikasi gojek akan memproses pesanan tersebut dengan menggunakan alogaritma
tentu untuk pencarian driver gojek yang akan mengantarkan calon penumpang
tersebut.
3.
driver
gojek yang berhasil memenangkan bidding (menang nge-bid), maka ia berhak
mengantar penumpang
4.
driver
gojek akan menjemput penumpang sesuai alamat penjemputan dan mengantarkan
sampai tujuan
5.
setelah
sampai tujuan maka penumpang akan membayar ke driver gojek yaitu dengan cara
cash atau kredit gojek
6.
konsumen
melakukan pemesanan ojek melalui aplikasi dengan memasukan alamat
Sumber:
- http://tipsdaftar.blogspot.co.id/2015/10/sejarah-berdirinya-gojek-dan-pendiri.html (08/10/2017)
- https://id.wikipedia.org/wiki/GO-JEK (08/10/2017)
- https://www.go-jek.com/about/ (08/10/2017)
- https://inet.detik.com/cyberlife/d-3495604/berapa-penghasilan-pengemudi-go-jek-sebulan (08/10/2017)
- http://www.gojakgojek.com/2016/03/sudah-tahu-cara-kerja-gojek-atau-sistem-kerja-gojek.html (08/10/2017)
Komentar
Posting Komentar