Pengantar Bisnis :Bauran Pemasaran
BAURAN PEMASARAN
Pengertian Bauran Pemasaran
[Marketing Mix] :
“Marketing mix is the set of marketing tools that
the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing
Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah
kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang
digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar
sasaran.
Menurut
Kotler (1997:92), Marketing
mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing
objectives in the target market. yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran
pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.
Menurut
Stanton (1978) Bauran
pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang
merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan
promosi dan sistem distribusi.
Apa itu 5P ? 5P adalah taktik
marketing yang dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda - beda untuk
memenangkan hati klien dalam target market Anda. 5P ini dapat Anda kontrol
bergantung pada kondisi internal dan eksternal Anda. Kombinasi taktik marketing
yang berbeda - beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien Anda disebut
sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’. Mari kita ulas apa sajakah 5P itu
?
1. Product (Produk)
Product disini mengacu pada
apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh
klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product
Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh
klien Anda. Anda dapat menggunakan research and development untuk menginfokan
perkembangan baru dari produk.
2. Price (Harga)
Price berhubungan dengan
strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien
Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar
produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk
menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus
mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
3. Promotion (Promosi)
Aktivitas promosi yang patut
Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi,
dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik
marketing.
4. Place (Tempat)
Place adalah dimana produk
atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses
klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting
untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan mudah.
Jika Anda baru memulai bisnis
baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing
Anda.
5. People (Orang)
People mengacu pada staf dan
salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda
menyediakan customer service yang unggul, Anda telah membangun pengalaman
positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual
brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan
servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
7P merupakan strategi dalam
Bauran Pemasaran yang biasa digunakan pada pasar E-Commerce. E-Commerce (Pasar
Elektronik) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. Strategi pada 7P hampir sama dengan 5P, bedanya ada dua
strategi yang ditambahkan pada strategi 7P, yaitu :
1.
Process
(Proses)
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana
pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang.
Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk
pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis,
pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang
berpengaruh pada image perusahaan.
2.
Physical
evidence (Lingkungan fisik)
Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang
di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan
segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi
ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi,
ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau
lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).
Komentar
Posting Komentar